28 November 2012

Tanya jawab kimia

-->
·         Apa saja pemanfaatan untuk Mg?

·         Apa yang menyebabkan bahwa merkuri zat yang berbahaya dan harus dihindari oleh tubuh misalnya pemakaian kosmetik?


·         Bagaimana cara mengidentifikasi , bahwa senyawa tersebut adalah senyawa Mg2+, Al2+, Ca2+, Hg+, Hg2+, Zn2+ ?

·        Mengapa pengendapan aluminium hidroksida oleh larutan NaOH dan amonia tidak akan terjadi bila ada serta asam tartarat, asam sitrat, asam sulfosalisilat, asam malat, gula, dll (senyawa hidroksi organik)?

·         Apa ciri-ciri dari Hg(merkuri) apabila dilakukan uji kering?

·         Alumunium terbuat daru bauksit. Apa yang dimaksud dengan bauksit dan apa cirinya?


·         Selain uji kering adakah cara lain untuk mengidentifikasi senyawa tersebut?

ANSWER :
-->
1.       –     untuk membuat logam campuran
-          sedikit magnesium digunakan pada pengolahan logam tertentu
-          pembakaran magnesium menghasilkan cahaya yang sangat terang
-          pencegah korosi pipa besi ditanah dan dinding kapal laut
2.       Bentuk racun dari air raksa pada proses masuk pada tubuh manusia adalah methyl mercury (CH3Hg+ dan CH3-Hg-CH3) dan garam organik. Methyl mercury dapat dibentuk oleh bakteri pada endapan dan air yang bersifat asam. Ion merkuri anorganik adalah bersifat racun akut. Elemen merkuri mempunyai waktu tinggal yang relatif pendek pada tubuh manusia tetapi persenyawaan methyl mercury tinggal pada tubuh manusia 10 kali lebih lama merkuri berbentuk metal (logam) dan menyebabkan tidak berfungsinya otak, gelisah/gugup, ginjal, dan kerusakan liver pada kelahiran (cacat lahir).
3.       Dapat diidentifikasi melalui uji kering.
4.       Karena yang terjadi bukannya pengendapan, melainkan adanya pembentukkan garam-garam kompleks. Maka zat-zat organik ini harus diuraikan dengan pemijaran perlahan-lahan atau dengan menguapkan dengan asam sulfat pekat atau asam nitrat pekat sebelum aluminium dapat diendapkan.
5.       Semua senyawa merkuri bila dipanaskan dengan natrium karbonat anhidrat yang sangat berlebihan dalam tabung uji kecil, aan menghasilkan cermin abu-abu, yang terdiri dari tetesan2 halus merkurium, di bagian sebelah atas tabung. Butiran2 ini menggumpal bila digosok dengan batang kaca.
6.       Bauksit adalah biji yang banyak mengandung Alumina (Al2O3) yakni 30 – 60 % serta 12 – 30 % adalah air. Makin banyak oksida besi yang mengotori maka akan semakin gelap warnanya. Bauksit dapat berwarna putih, krem, kuning, merah atau coklat dapat sekeras batu. Namun ada pula yang selembek tanah lempung (Al2O3.4SiO.2H2O).
7.       Ada, misalnya seperti Ca yang dapat diuji secara uji (mikroskop)
Vogel halaman 303
Hg uji bercak (vogel hal 217)
Hg uji tetes (vogel hal 225)
Al uji kering (vogel hal 270)
Zn uji kering (vogel hal 294)
Ca uji mikroskop dan uji kering (vogel hal 303)
Mg uji kering (vogel hal 307)

 


No comments:

Post a Comment